aduhh lulus ga ya??

Belajar adalah tugas utama mahasiswa. Demikianlah yang diamanahkan oleh ALLAH SWT melalui Nabi Muhammad SAW, penunjuk jalan kita yang mulia. Menuntut ilmu adalah suatu kewajiban, meskipun sampai jauh ke negeri Cina, walaupun tinggal sedetik nafas di raga. Telah bersama kita ketahui keterangan yang menyatakan bahwa langkah orang yang terjejak di bumi dalam rangka mencari ilmu adalah langkah para syuhada.
Tentunya di universitas ini tak hanya ilmu akademis yang dapat kita gali, namun pula ilmu lainnya seperti kapabilitas manajerial organisasi, keterampilan seni atau olahraga dan lain sebagainya. Namun demikian, ilmu bidang studi adalah lahan yang tak boleh sedikitpun kita lalaikan, dengan alasan apapun, apalagi alasan kuno bahwa kita adalah aktifis, dan waktu kita habis di organisasi. Dengan kata lain, sukses akademis adalah juga merupakan bukti pemenuhan amanah yang diembankan oleh ALLAH, orang tua dan diri kita sendiri yang telah memilih jurusan yang saat ini kita tekuni. Betapa indah nuansa yang menyelimuti hati kita, ketika amanah akademis ini telah kita penuhi dengan optimal.
Sahabat, tanpa bermaksud menggurui, ada beberapa hal yang ingin saya bagi dengan sahabat sekalian. Kiat inilah yang telah membantu perencanaan dan pelaksanaan kegiatan akademis saya. Semoga bermanfaat.
1. Syukuri nikmat yang mahal ini.
Allah telah menjanjikan bertambahnya nikmat atas hamba-hambaNYA yang bersyukur. Kesempatan belajar di kursi PT Negeri bukanlah suatu kesempatan yang murah. Insya ALLAH kita masih ingat, betapa banyak yang berusaha dengan keras untuk dapat memperoleh kesempatan belajar di PTN dan betapa sedikit tempat yang tersedia. Betapa “hanya” untuk mendapatkan satu kursi di PTN, kita harus mengalahkan ratusan orang yang juga mempunyai maksud yang sama, bahkan terkadang tampak bahwa mereka lebih siap dibandingkan kita. ALLAH lah yang telah memberikan anugerah dan amanah ini pada kita. Maka bersyukurlah dengan kesempatan emas ini.
2. Rencanakan langkah kita ke depan
Seorang bijak pernah mengatakan, gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan. Tentunya kita tak ingin menemui kegagalan dalam upaya kita,maka rencanakanlah kegiatan akademis kita, termasuk kegiatan-kegiatan kita lainnya selama kita belajar di Universitas ini! rencanakanlah, berapa SKS kita ambil pada semester berapa, karena terkadang SKS menumpuk di satu semester, rencanakan pula, kapan kita akan “all out”” di organisasi dan kapan berhenti untuk menyediakan waktu lebih bagi akademis kita. Insya ALLAH merencanakan kegiatan berarti berikhtiar memperoleh kesuksesan. Sukses bukanlah buah yang jatuh ke pangkuan kita begitu saja tanpa usaha apa-apa. Sukses adalah buah manis yang harus dan hanya bisa diraih dengan usaha keras. Memang terkadang rencana tak berjalan dengan kenyataan, tapi itu bukanlah alasan untuk tidak merencanakan langkah kita, namun dorongan untuk kemudian membuat rencana baru yang relevan. Simpangan keinginan tanpa rencana akan lebih kecil bahkan bisa tidak ada dibandingkan simpangan keinginan tanpa rencana. insya ALLAH.
3. Bermujahadah dalam berusaha, sertai dengan berdoa, ikhlas dalam bertawakal
Rencanakan jalan kita, dan jalani rencana kita. Bersungguh-sungguhlah dalam menjalani apa yang kita rencanakan. Sungguh kita sudah tahu, bahwa salah satu tips belajar efektif adalah, mengulang dengan segera setelah menerima materi (di siang hari) dan menyiapkan apa yang akan diterima esok hari (di malam hari atau di waktu shubuh), namun kerap kita tidak melaksanakannya dengan berbagai apology. Cara belajar terbaik akan sangat bersifat subjektif. Ada yang nyaman dengan musik ada yang tidak, ada yang “masuk” sambil ngemil, ada yang harus dalam kondisi sangat tenang. Satu hal yang sama adalah, semua harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh (tak berarti harus tegang dan serius lho! Sersan juga bisa).
Sungguh yang wajib kita lakukan adalah berusaha, hasilnya adalah hak prerogatif ALLAH untuk menentukan. Sungguh sempurna dan mulia ajaran ISLAM yang menuntut kewajiban berusaha seoptimal mungkin. Semoga memberikan kebermanfaatan. Semoga ALLAH melancarkan segala upaya kita. amin

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s