Misi Pluralisme Di Balik Novel Ayat-ayat Cinta

Ada sebuah perspektive lain ni tentang ayat2 cinta (saya tetep belum nonton juga hehe) dari http://www.swaramuslim.com.. diambil dari rislah mujahidin edisi 17 shafar 1429 H. selamat berdiskusi
imagePesona Novel Ayat-ayat Cinta telah menjulangkan nama penulisnya, Habiburrahman el-Shirazy, ke posisi Tokoh Perubahan 2007 versi Republika. Seperti sastrawan dan budayawan Mesir Mahmud Abbas al-Aqqad, Thaha Husein dan lainnya, yang menjadi makelar zionis melalui gagasan multikultural dan multikeyakinan. Agen zionis, memang tidak pernah kehilangan cara untuk menemukan kaki tangan di bidang sastra dan budaya. Membaca novel Ayat-ayat Cinta menyisakan beragam kesan. Mungkinkah penulisnya dianggap figur yang tepat sebagai makelar zionisme melalui misi pluralisme agama?

LAHIR di Semarang, Kamis 30 September 1976, Habiburrahman el-Shirazy memulai pendidikan menengahnya di MTs Futuhiyyah 1 Mranggen; sambil belajar kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Anwar, Mranggen, Demak, di bawah asuhan KH Abdul Bashir Hamzah.

Pada tahun 1992 ia merantau ke kota budaya Surakarta, untuk belajar di Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Surakarta, lulus pada tahun 1995. Setelah itu melanjutkan pelajaran ke Fakultas Ushuluddin Jurusan Hadits di Universitas Al-Azhar, Kairo, dan selesai pada tahun 1999. Pada tahun 2001 lulus Postgraduate Diploma (Pg.D) S2 di The Institute for Islamic Studies di Kairo, yang didirikan oleh Imam Al-Baiquri.

Kembali ke tanah air pada pertengahan Oktober 2002, ia diminta ikut mentashih Kamus Populer Arab-Indonesia yang disusun oleh KMNU Mesir dan diterbitkan oleh Diva Pustaka, Jakarta (Juni 2003). Ia juga menjadi kontributor penyusunan Ensiklopedi Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Pemikirannya (terdiri atas tiga jilid diteritkan oleh Diva Pustaka, Jakarta, 2003).

Antara tahun 2003-2004 ia mendedikasikan ilmunya di MAN I Jogjakarta. Selanjutnya sejak tahun 2004 hingga 2006, ia menjadi dosen Lembaga Pengajaran Bahasa Arab dan Islam Abu Bakar Ash Shiddiq UMS Surakarta. Saat ini ia mendedikasikan dirinya di dunia dakwah dan pendidikan lewat karya-karyanya serta pesantren Karya dan Wirausaha Basmala Indonesia bersama adik dan temannya.

Dengan reputasi demikian, beralasan bila sebagian pembaca mengidolakannya bagai HAMKA muda. Seperti juga dalam bidang pemikiran dan politik, khalayak Indonesia pernah menyematkan julukan Natsir muda pada diri Nurcholish Madjid. Apalagi penulis novel Ayat-ayat Cinta ini cukup berprestasi internasional yang lama menimba ilmu di Al-Azhar, Mesir, dan akrab dengan budayawan serta novelis di Mesir yang terkenal sebagai sarang pembinaan zionis.

Turis dan Ahludz Dzimmah
Begitu gegap gempita publikasi novel Ayat-ayat Cinta, menyebabkan banyak pembaca kehilangan daya kritis. Sehingga, ketika nyala api pluralisme menerobos masuk imajinasi penulis, tak dirasakan adanya. Pada mulanya, barangkali sekadar titipan ide, namun jelas titipan dimaksud menjadi ide sentral rangkaian kisah cerita novel Ayat-ayat Cinta.

Pada bagian ketiga di bawah judul Kejadian di Dalam Metro misalnya, berlangsung cekcok antara rombongan turis Amerika dengan penumpang asli Mesir yang meledakkan amarahnya kepada bule-bule itu, sebagai ganti kejengkelan mereka kepada pemerintah Amerika yang arogan dan membantai umat Islam di Afghanistan, Iraq, dan Palestina. Namun, dalam cekcok tersebut penulis menyalahkan orang Mesir, dan memosisikan turis kafir yang berkunjung ke negara-negara berpenduduk Islam seperti Mesir sebagai ahludz dzimmah yang memiliki hak-hak kekebalan diplomatik, dengan memanipulasi dalil agama.

“Ahlu dzimmah adalah semua non Muslim yang berada di dalam negara kaum Muslimin, masuk secara legal, membayar visa, punya paspor, hukumnya sama dengan ahlu dzimmah, darah dan kehormatan mereka harus dilindungi,” katanya.

Sebagai pembenaran atas pembelaannya kepada bule Amerika itu, penulis mencomot sebuah hadits: “Barangsiapa menyakiti orang dzimmi, dia telah menyakiti diriku, dan siapa yang menyakiti diriku berarti dia menyakiti Allah.”

Padahal, menempatkan turis asing sebagai dzimmi di negeri Muslim bukan saja tidak memiliki argumentasi syar’iyah, tetapi juga merusak tatanan syar’i secara keseluruhan. Persoalannya, bukan pada perlakuan kasar atau halus terhadap turis, melainkan pada posisi yang disematkan, bahwa sesungguhnya kedudukan turis tidak sama dengan ahludz dzimmah, baik hak maupun kewajibannya. Pembayaran visa tidak bisa disamakan dengan jizyah. Sebab, legalitas hukum bagi turis dan ahludz dzimmah memiliki perbedaan-perbedaan, sehingga mengakibatkan konsekuensi hukum yang berbeda pula.

Perbedaan itu antara lain, pertama, ahludz dzimmah (dzimmi) adalah orang kafir yang menjadi warganegara Negara Islam. Sedangkan turis tidak memiliki hak kewarganegaraan, tetapi hanya memiliki hak pelayanan sebagai tamu. Kedua, dzimmi mempunyai hak dan kewajiban sebagai warga negara. Bilamana pemerintah tidak bisa memenuhi hak kewarganegaraan orang dzimmi, maka mereka tidak wajib lagi membayar jizyah (pajak). Sedangkan pembayaran visa bagi turis yang berkunjung ke sebuah negara Islam tidak dapat dianggap sebagai jizyah, karena orang Islam yang bukan penduduk negara yang dikunjunginya juga harus membayar visa. Apakah orang Islam yang berkunjung ke negara Islam juga dianggap dzimmi oleh pemerintah negara tempat dia berwisata?

Ketiga, pada keadaan darurat, pemerintah negara Islam dapat mewajibkan penduduk dzimmi untuk menjalani wajib militer. Berbeda dengan turis, apabila datang ke suatu negara yang sedang dalam keadaan darurat perang tidak bisa dipaksa ikut wajib militer bagi negeri yang dikunjunginya.

Perbedaan prinsip di atas, nampaknya kurang dipahami oleh penulis novel, dan lebih terpesona dengan misi kemanusiaan global yang menjadi gerak nafas pluralisme; sehingga menghilangkan kewaspadaan. Boleh jadi turis itu justru musuh yang sedang menyamar, meneliti, atau menjalankan misi intelejen. Novelis muda lulusan filsafat Universitas Al-Azhar, Cairo, itu bergaya bagai ulama besar ahli fiqih dan ahli hadits berkaliber dunia, lalu mengintroduksi hadits dzimmi sebagai ‘ijtihad cemerlang’.

Untuk menetralisir kecurigaan, dan menangkal virus berbahaya terutama bagi pembaca muda yang jadi sasaran utama novel ini, sebenarnya penulis dapat mengimbanginya dengan wacana pemikiran yang adil, bahwa dalam banyak kasus kedatangan turis-turis kafir di negeri Islam membawa dampak kerusakan moral dan sosial di tengah masyarakat muslim. Bahkan sebagian sengaja disusupkan sebagai mata-mata terselubung. Fakta ini dapat terlihat jelas dan ditemukan oleh para pejabat intelejen negara bahwa turis biasa dipakai kedok olah para agen intelejen untuk menjalankan operasinya. Namun, penulis lebih mendahulukan ‘baik sangka’ daripada waspada, suatu sikap yang telah membuat umat Islam berulangkali tertipu dan dininabobokkan gagasan harmonisasi antar umat beragama, tanpa mempertimbangkan akibatnya yang berbahaya.

Namun penulis alpa melakukannya. Maka, tidak aneh bila terdapat pembaca kritis mempertanyakan, misi siapa yang hendak dipasarkan oleh penulis di balik novelnya yang best seller tersebut? Dilihat dari simplifikasi penggunaan dalil-dalil agama untuk menopang argumentasi, dan memanipulasi tujuan politik yang halus, merupakan ciri khas komprador zionisme yang bergentayangan di tengah-tengah masyarakat Muslim. Maka, bukan mustahil novel Ayat-ayat Cinta yang sudah 30 kali cetak ulang dengan tiras 500 ribu eksemplar, menjadi pembuluh darah halus yang mengalirkan misi pluralisme agama yang telah diformat oleh zionisme internasional dan dipasarkan di tengah-tengah masyarakat Muslim Indonesia.

Tanpa pretensi ‘buruk sangka’ terhadap novelis muda Habiburrahman, kisah sampingan yang ditampilkan berkaitan dengan turis Amerika itu, kita perlu mewaspadai adanya celupan misi zionis dalam obrolan seperti Kejadian Di Dalam Metro itu. Sudah banyak pemuda yang diperalat untuk mengembangkan faham toleransi dan pluralisme agama melalui tokoh-tokoh Indonesia yang dianggap cemerlang dan berpengaruh.

8 Komentar

  1. wah maut juga sisi pandangnya ..🙂

    hummm wah ALhamdulillah aku dah baca sebelum mengenal manhaj .. jadi sekarang dah nggak pernah baca novel lagi ..🙂 n’ usahakan cari yang bermanfaat untuk dibaca demi dunia dan akhirat ..

  2. Yah di bagian2 ayat-ayat cinta itu memang saya sedikit berfikir seperti anda,
    makanya orang2 harus waspada sih, tapi overall ceritanya membangkitkan jiwa

  3. Kalaupun benar, kenapa yg bikin tulisan ini nggak bikin novel atau buku semacam saja dengan misi yg berbeda?
    Sepertinya sikap curiga terus yg selalu dikembangkan. Paranoid jadinya…..

  4. Kalau toh turis itu intelegen yang sedang menyamar, ya tetap saja tidakk boleh diperlakukan dengan buruk apalagi tuduhanmu kalau dia inteligen juga belum terbukti. Apalagi statusnya tamu, bukanya wajib menjamu dengan baik tamu yang datang?
    Pada zamannya nabi saja yang jelas2 tawanan juga harus diperlakukan baik…., bukannya islam itu rohmatan lil alamin ya?

  5. Multi presepsi! dari novel ini bisa terjadi:
    Sosok Fahri digambarkan sebagai orng indonesia yang mengokohkan kesan ISLAM INDONESIA YANG MODERAT, kesan diperkuat dengan pandangan bahwa setiap bule yang punya visa adalah ahlul dzimah (visa dikonotasikan jizjah????????????), sehingga orang yang ANTI SPILIS jelas melihatnya seperti agen pluralis. Fahri juga digambarkan sebagai hafidzul qur’an dan menjaga ijtimai’, bagi orang yang ahli zuhud, ini jadi poin kebanggan. bagi masyarakat awam, mungkin melihat sosok fahri yang dicintai banyak wanita, dan bagaimana batin fahri berpetualang mendalami 4 cinta yang ditawarkan pada dirinya.

  6. Cerita yg ada di film udah banyak yg berbeda dengan novel aslinya, banyak scene2x yg gak penting malah ditampilkan, tapi point dari scene yang penting dan justru inti dari cerita banyak yg tidak tampil di film nya, sangat disayangkan…..
    contoh yang jelek seperti waktu maria ditabrak mobil, padahal di novel itu tidak ada, yg ada di novel maria masuk rumah sakit karena stress berat mendengar fahri sudah menikah.
    lalu suasana tidak mencerminkan kota mesir, lalu si aisyah bukan naek mobil Mercy tapi seharusnya mobil Nissan Terano yang disetir sama dia sendiri.
    lalu penjara tempat fahri di kurung tidak terlihat suram seperti di novel, yg ada di film malah suasana yg bersih cman ditambah dengan tikus doang, padahal kalau emang niat buat film, harus buat seting suasana yang mengena sama penonton, bisa aja lantai yg dibuat rusak dengan ada genangan airnya plus tikus2x nya, di film malah lantai nya mulus tapi kok ada tikus nya??? aneh kan???
    jujur aja kurang kena di film nya ama saya, saya lebih senang membaca novel nya, mudah2xan ini input buat para sutradara untuk lebih memperhatikan detail2x suasana dan point2x penting alur ceritanya, gak perlu ditambah2x kalau membuat cerita jadi norak (pake tabrakan segala, emang pilem india) :))
    LOL
    HIDUP PILEM INDONESIA !!!

  7. yah … setelah nonton film ini agak kecewa juga sih. inti dari novelnya itu sendiri gak terangkat. sayang sekali jadi misi dakwahnya gak kena. Allohu A’lam tapi kita ambil sisi positifnya saja. bagi yang masih awam ini mungkin sesuatu yang baru seperti ikhwan yang tak boleh bersentuhan akhwat ternyata banyak yang belum tahu lho… ini mengingatkan kita bahwa lahan dakwah kita masih banyak walaupun fasilitas sudah tersedia. memang diakui oleh sang sutradara gak akan sama novel dg filmnya karena beda medianya, walaupun begitu ia tdk setuju dg poligami. nah lho! pastinya setiap org yang sudah membaca novelnya kemudian liat filmnya pasti kecewa. soalnya sangat berbeda pisan..ada beberapa adegan lucu ketika hari pertama fahri keluar penjara dan beristri dua. aisha berkata: mau tidur dimana?. akhirnya masing2 tidur di kamar yang berbeda.he..he.. bingung jadinya abis cantik2 sih. jg ditampilkan juga adegan-adegan mesra ketika fahri bersama aisha dan diliat maria atau kebalikannya. ketika beradegan seperti itu, kebayang perasaan maria atau aisha ketika melihat fahri sama yang lain. ah kadang kalau memikirkan perasaan teh..jadi inget sendiri.gimana yah kalau suami kita menikah dg yang lain dan bermesraan di hadapan kita? itulah harga yang dipertaruhkan dan diperjuangkan seorang wanita yang suaminya berpoligami, jaminannya masuk surga tanpa ngantri lho… pertanyaannya apakah saya siap ketika Allah menakdirkan kita seperti itu? Allohu A’lam tapi yang pasti saya yakin Alloh memberi ujian sesuai tingkat keimannannya.btw, setelah film ini mudah-mudahan akan ada lagi film yang mengusung islam dengan sebenarnya tanpa harus ada polemik lagi artinya diterima oleh semua kalangan.Aamiin ALLOHU AKBAR!!!

  8. wah wah wah….mendalam juga ni teteh hehe…yup! ana kira bagi semuanya ni bermanfaat masukan dari Ghoziyya.. nuhun ya teh


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s